Fintech Syariah untuk Pinjaman Bisnis Online

UMKM sampai sekarang ini masih sering mengalami kesulitan untuk memperoleh pendanaan dalam upaya pengembangan bisnis yang dijalankan. Berdasarkan berita fintech Indonesia, salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan mengembangkan fintech syariah untuk pinjaman bisnis online yang mulai bermunculan di tengah masyarakat.

Fintech Syariah Bagi Pinjaman Bisnis Online

Fintech syariah merupakan layanan keuangan dengan menggunakan syariat Islam untuk penerapannya. Layanan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya untuk memperoleh dana tanpa bunga dan persyaratan yang cukup rumit. Berikut ini kelebihan fintech syariah dalam pengembangan bisnis.

1. Aman Dari Riba

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara fintech syariah dengan fintech konvensional yaitu penggunaan akad saat proses pinjaman. Sama seperti perbankan, layanan fintech syariah mengedepankan pemakaian prinsip syariah yang bebas dari tiga maghrib, meliputi riba, maysir dan gharar.

Maka dari itu, fintech syariah diklaim lebih aman sebab tidak memiliki bunga. Disamping itu, fintech syariah berupaya untuk menggerakkan gaya hidup yang halal bagi para masyarakat luas baik muslim maupun non muslim.

2. Menguntungkan Berbagai Pihak

Sadar maupun tidak, layanan fintech pada dasarnya memiliki peranan untuk menyalurkan pinjaman antara kedua belah pihak dengan aturan syariat yang aman. Fintech merupakan jembatan hingga menemukan kesepakatan yang seimbang antara keduanya.

Dengan demikian, fintech tidak hanya menguntungkan pihak masyarakat menengah keatas saja namun juga kesejahteraan ekonomi masyarakat lemah. Peranan fintech syariah untuk pinjaman bisnis online cukup membantu masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka.

3. Lebih Aman

Prinsip fintech syariah yang bebas riba pastinya sangat aman untuk dijalankan. Sebab sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa riba pada dasarnya hanya memberikan keuntungan bagi salah satu pihak dan merugikan pihak yang lain.

Selain itu, dalam menjalankan usahanya, layanan ini mengacu pada aturan dari OJK dan DSN-MUI sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan resiko penipuan. Layanan keuangan ini sangat terbuka serta transparan mengenai pelaporan keuangannya.

Demikian ulasan mengenai kelebihan layanan fintech syariah untuk pinjaman bisnis online dan juga pengembangan usaha masyarakat dengan sistem saling menguntungkan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Hadirnya fintech syariah diharapkan bisa menjadi angin segar bagi para pelaku usaha termasuk bisnis online yang marak di Tanah Air saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *